[Terkini]

Beginilah Cara Islam Atasi Susah Tidur

loading...

Tidur merupakan suatu keperluan yang penting bagi tubuh, sebab organ-organ dalam tubuh kita perlu direhatkan agar kembali fit untuk menjalani rutin harian keesokan harinya. Mengikut kajian, tempoh tidur yang ideal adalah di antara 5 hingga ke 8 jam sehari bergantung kepada aktiviti dan kesihatan seseorang itu.
Kami percaya, ramai orang yang mengalami masalah susah untuk tidur. Bahkan kurang lelap tidurnya. Hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya insomnia (susah tidur malam) dan terlampau banyak memikirkan perkara atau masalah yang sedang dihadapinya.
Jadi ada baiknya sekiranya kita mengambil air wudhu dan berdoa kepada Allah SWT agar dimudahkan tidurnya sebelum masuk ke kamar.

Ada salah satu doa yang diamalkan oleh sahabat Nabi yakni Zaid bin Tsabit ketika mengalami susah tidur (insomnia). Berkatakan Zaid ini ditulis dalam kitab Ibnu Sunni yang dikutip oleh Imam Nawawi:
“Lalu saya membacanya, kemudian Allah menghilangkan apa yang saya alami.” Berikut ini adalah lafadz bacaan doa ketika sulit tidur.
اَللهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنُوْمٌ، يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِيْ
“Allahumma Gharatin Nujum Wa Hadaatil ‘Uyun, Wa Anta Hayyun Qayyum, La Takkhuzuka Sinatun Wala Naumun. Ya Hayyu Ya Qayyum, Ahdi’ Laili Wa Anim ‘Aini”
Ertinya: “Ya Allah, bintang-bintang telah redup, mata-mata telah memejam dan Engkau Maha Hidup lagi Maha Terus-menerus mengurus makhluk. Tidak menimpa-Mu rasa kantuk dan tidur. Wahai Dzat Yang Maha Hidup dan Maha mengurusi makhluk, tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku.”
Sebagaimana Hadits Riwayat Ibnu Sunni. Adapun untuk hadits selengkapnya adalah sebagai berikut.
روينا فى كتاب ابن السني عن زيد بن ثابت رضي الله عنه قال: شكوت إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم أرقا أصانبي، فقال: قل: اَللهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنُوْمٌ، يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِيْ، فقلتها، فأذهب الله عزّوجلّ عني ماكنت أجد
Sahabat Nabi lainnya yang mengalami insomnia atau susah tidur yaitu Khalid bin Walid. Diriwayatkan oleh Muhammad bin Yahya bin Haban, Khalid yang mengadukan keadaan yang dialaminya, Rasulullah menganjurkan membacakan :
اعوذ بكلماتالله التامات من غضبه ومن شرعباده ومن همزات الشياطين وان يحضرون
“A’uudzu Bikalimaatillahit Taammaati Min Ghodlobihi Wa Min Syarri ‘Ibaadihi Wa Min Hamazaat’isy Syayaatiina Wa Ayyahdluruun.”
Ertinya : “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari keburukan hamba-hamba-Nya, serta dari berbagai godaan syetan dan kehadirannya.”
Hendaknya kita membaca doa-doa di atas ketika mengalami susah  tidur. Semoga dengan mengamalkannya, tidur kita dimudahkan.
loading...
Beginilah Cara Islam Atasi Susah Tidur Beginilah Cara Islam Atasi Susah Tidur Reviewed by Mister Haqi on 12:36:00 PM Rating: 5

No comments